Lab Bahasa Jadi Prasana Penting Belajar Multibahasa

“Mengapa lab bahasa diperlukan?” pertanyaan ini seringkali dilontarkan. Pembelajaran konvensional seputar teori dianggap sudah cukup untuk membekali para siswa. Sehingga, praktiknya sering diabaikan.

Saat ini dunia semakin mengglobal. Batas antar negara semakin melebur. Akibatnya, di dunia kerja persaingan semakin ketat. Banyak lowongan penerjemah, tetapi sumber daya manusia di dalam negeri belum cukup memenuhi permintaan itu.

Penutur bahasa menjadi kebutuhan primer perusahaan untuk menjalin relasi dengan klien di seluruh dunia. Penelitian menyebutkan bahwa orang dengan multibahasa punya 8 persen kesempatan lebih tinggi daripada rekan mereka yang hanya menguasai satu bahasa.

Namun, dunia pendidikan sering lengah memberikan fasilitas praktik kepada siswanya. Akibatnya, banyak anak didik mereka yang lulus tanpa dibekali kemampuan multibahasa yang cukup. Di sekolah, pelajaran teori masih mendominasi. Sehingga, pelajaran bahasa pun disamakan.

Padahal, bahasa bukan hanya tentang struktur kalimat yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Tetapi juga komunikasi. Nah, kemampuan komunikasi inilah yang membutuhkan latihan terus menerus.

Berbicara di depan umum dengan berbicara pada rekan sejawat atau keluarga adalah dua hal yang berbeda. Anak-anak muda sering merasa gugup ketika harus berkomunikasi di depan umum menyampaikan pendapat.

Misalnya, sesederhana pembelajaran di dalam kelas. Saat guru bertanya kepada siswa, siswa cenderung diam. Padahal ketika di luar kelas, siswa-siswa tersebut adalah seorang komunikator yang aktif. Mengapa?

Karena mereka tidak memiliki kepercayaan diri. Bisa juga mereka khawatir bahwa apa yang mereka sampaikan salah. Itulah sebabnya, lembaga atau instansi pendidikan juga harus menyediakan fasilitas agar siswa dapat berlatih berkomunikasi. Bukan hanya dengan Bahasa Ibu, tetapi juga bahasa asing.

Bagi banyak orang, hambatan rasa malu awal benar-benar dapat menghambat untuk menguasai suatu bahasa. Melewati penghalang ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan membantu siswa terus belajar bahasa lebih lanjut. Kepercayaan diri yang diperoleh juga dapat membantu memberikan dorongan untuk melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seperti belajar ke luar negeri.

Faktanya, mempelajari bahasa baru adalah sebuah ketrampilan yang dibutuhkan oleh seseorang. Menurut penelitian, multibahasa lebih baik dalam pemecahan masalah, lebih kreatif, dan multitasker yang lebih baik. Semua keterampilan ini sangat menarik bagi calon pemberi kerja.

Belajar Bahasa juga bisa membantu kita untuk lebih toleran. Ada pendapat yang mengatakan multibahasa biasanya lebih terbuka dan menerima perubahan.  Dengan mempelajari bahasa paru, bagian dunia lain bisa dijelajahi dengan mudah.

Misalnya, ketika sudah menguasai Bahasa Inggris kemudian pergi ke luar negeri. Disana, kita bisa bertemu orang baru dengan Bahasa Ibu mereka. Orang Spanyol misalnya. Dengan begitu, kita bisa mempelajari Bahasa Spanyol juga. Menarik bukan?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jika kita berbicara Bahasa Inggris maka kita dapat berkomunikasi dengan 20 persen populasi di dunia. Persentase itu bisa bertambah ketika kita mempelajari bahasa-bahasa yang lain.

Memiliki keterampilan dalam lebih dari satu bahasa juga membuka dunia hiburan. Kemampuan untuk memahami seni dan sastra internasional dapat sangat membantu untuk menghargai dunia di sekitar kita.

Manfaat terpenting dari belajar bahasa bukanlah yang paling terkenal. Menurut penelitian di Swedia, belajar bahasa menyebabkan area otak yang berhubungan dengan memori, yaitu korteks serebral dan hippocampus, bertambah besar ukurannya. Seperti halnya otot di tubuh, melatih otak secara teratur dapat membuatnya lebih kuat dan lebih fleksibel.

Terlebih lagi, telah disarankan bahwa belajar bahasa kedua membantu mencegah penyakit otak seperti demensia dan Alzheimer. Bahkan dapat memiliki efek mendalam pada kemampuan untuk memahami musik.

Belajar bahasa baru tidak pernah semudah ini. Perlu ada fasilitas yang menunjangnya. Lab Bahasa bisa menjadi pilihan bagi lembaga pendidikan untuk mempersiapkan siswa-siswi mereka memiliki kemampuan multibahasa.

Laboratorium Bahasa adalah sebuah laboratorium yang dibuat untuk mempermudah pembelajaran di dalam sebuah ruangan. Menurut Artikel Pendidikan Network sebuah Laboratorium bahasa mengacu kepada seperangkat peralatan elektronik audio video yang terdiri atas instructor console sebagai mesin utama, dilengkapi dengan repeater language learning machine, tape recorder, DVD Player, video monitor, headset dan students booth yang dipasang dalam satu ruang kedap suara.

Banyak sekali komponen yang ada dalam ruangan lab bahasa, dan sebagian besar adalah alat elektronik. Dengan bantuan alat elektronik ini peragaan dalam praktek dapat lebih mudah. Seperti media repeater/pengulang kalimat, interkasi guru dengan setiap murid menggunakan student console, maupun percakapan guru dengan salah satu siswa.

 

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *